728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 02 Mei 2016

Andalkan Kecepatan Administrasi, Desa Pangkah Kulon Siap Rebut Desa Terbaik Jawa Timur

Gresik - Mengandalkan pelayanan pembuatan surat yang hanya 30 detik, Desa Nelayan yakni Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik siap berlaga untuk merebut desa terbaik Jawa Timur tahun 2016. Kali ini Desa Pangkahkulon akan berkompetisi dari 3 nominator desa yang lain masing-masing dari Kabupaten Ponorogo, Pacitan dan Bondowoso.

Kecepatan dalam melayani masyarakat dalam pembuatan surat, menjadi andalan utama desa yang berada sekitar 35 km ke Utara dari pusat kita Gresik ini. Tekat melayani masyarakat dengan cepat ini disampaikan oleh Kades Pangkahkulon Achmad Fauron saat merepresentasikan pelaksanaan pelayanan masyarakat di desanya, Senin (2/5/2016).

Bertempat di Ruang rapat Puteri Cempo, Kantor Bupati Gresik Achmad Fauron yang hadir bersama beberapa tokoh masyarakat desa setempat berusaha meyakinkan anggota tim Juri Lomba Desa yang diketuai oleh Suryaman dari Bapemas Propinsi Jawa Timur.

"Seluruh aparat bidang pelayanan sudah menguasai TI. Hanya memasukkan nomer Induk Kependudukan dan mengetik tujuan dan keperluan, maka dokumen surat sudah selesai", katanya.

Pembuatan kecepatan ini untuk semua pembuatan surat-surat administrasi. "Kecuali surat tanah kami harus memeriksa dan memverifikasi dengan teliti. Kami tidak bisa sembrono untuk pemngurusan dokumen tentang tanah. Silahkan bapak datang ke Kantor Desa kami dan silahkan hitung waktunya" tantang Acmad Fauran dihadapan sejumlah anggota Dewan Juri.

Tentu saja yang disampaikan kades Pangkahkulon ini hanya salah satu keunggulan yang ada di desanya. Menurut Kepala Bapemas Kabupaten Gresik Agus Budiono, sesuai Permendagri Nomer 81 tahun 2015, ada 3 bidang yang menjadi fokus penilaian pada lomba desa tahun 2016 kali ini. Yaitu, bidang Pemerintahan, bidang Kewilayahan dan bidang Kemasyarakatan.

"Kami bersama pemangku kepentingan yang lain harus mendampingi Desa Pangkahkulon untuk terus memperbaiki disemua lini. Agar nantinya Desa Pangkah kulon ini bisa merebut juara 1 tingkat Propinsi dan bisa mewakili Jawa Timur untuk berlaga di tingkat Nasional" ungkapnya.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto yang hadir menerima Tim Juri asal Propinsi Jawa Timur berharap agar Desa Pangkahkulon yang mewakil Kabupaten Gresik dalam lomba Desa tahun 2016 ini bisa meraih yang terbaik. "Saya bangga karena Desa Nelayan yang ada di Wilayah pinggiran bisamenjadi Desa terbaik di Kabupaten Gresik. Atas prestasi ini Desa Pangkahkulon bisa mewakil Kabupaten Gresik sebagai kontestan dan saat ini sudah menjadi  Nominasi juara Desa terbaik jawa Timur" katanya bangga.

Menurut Sambari, ini salah satu program Bupati Gresik dalam memajukan Desa. "Tentu masih banyak program lain untuk memajukan desa yaitu, Tilik Desa, Sambungrasa dan the Sunan Giri award "kata Sambari merinci. "Dalam semua program desa tersebut kami selalu berinteraksi dengan masyarakat desa mulai dari beraudiensi langsung sampai menginap di rumah masyarakat setempat. Tak jarang beberapa kebijakan langsung saya keluarkan disana untuk memenuhi keinginan masyarakat desa" urai Sambari panjang lebar. sdm/arifin sz/team

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Andalkan Kecepatan Administrasi, Desa Pangkah Kulon Siap Rebut Desa Terbaik Jawa Timur Rating: 5 Reviewed By: Jatim News