728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 27 Mei 2016

Di Gresik Banyak Ditemui Inovasi Pada LLSS

Gresik - Ketua Tim Lomba Lingkungan sekolah Sehat (LLSS) dari Pusat Cristina Manurung merasa bangga dengan banyaknya inovasi yang di jumpai saat melakukan kunjungan langsung di beberapa lokasi, saya sangat bangga dengan Kab Gresik, banyak kami jumpai inovasi-inovasi yang dihadirkan pada LLSS disini.

Ini membuktikan bahwa UKS di Kab Gresik sudah menyentuh hingga kemasyarakat, terbukti disini kami jumpai ikatan orang tua murid yang komitmen dengan Program UKS, demikian juga paguyuban pedagang pujasera juga melakukan deklarasi siap menjalankan Program UKS, ini membuktikan bahwa UKS tidak hanya berperan di dalam sekolah namun sudah mulai menjalar ke masyarakat, ini sangat luar biasa, jelasnya demikian disampaikan ketua Tim LLSS melakukan penilaian hari ini jum'at (27/5)
Dibanyak Daerah UKS belum menjangkau jejang Taman Kanak-kanak, tapi di Jawa Timur program ini sudah terjangkau di TK hingga masyarakat. peningkatan UKS pada dasarnya untuk preventif dan promotif, jadi LLSS hanya alternatif untuk memicu peningkatan UKS.

Pada dasarnya Tujuan diselenggarakannya program UKS, secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Sedangkan tujuan khusus untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik tegas ketua Tim LLSS
Sementara itu Bupati Gresik Dr.H.Sambari Halim Radianto mengatakan bahwa dengan hadirnya program UKS mempunyai dampak yang sangat luar biasa.

LLSS betul-betul membantu program Pemerintah Kab Gresik, hal ini seiring dengan Visi dan misi Kab Gresik yang menjadikan Kesehatan prioritas utama, UKS sudah dirasakan manfaatnya sehingga kami tak segan-segan untuk menaikkan alokasi anggaran hingga Rp 135 Milliar ini belum termasuk pembangunan fisik dari PU. Dukungan lainnya yaitu jumlah Puskesmas di Kab Gresik 32 Puskesmas, untuk rawat inap sebanyak 12 puskesmas dan rawat jalan 20 puskesmas, juga di dukung 74 puskesmas pembantu dan 247 Ponkesdes, ini sumua sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait maupun masyarakat bahwa, UKS bukan didanai APBD tapi hasil kesadaran pihak terkait dan masyarakat, kesadaran untu berkomitmen inilah yang lebih baik, terus terang saja bahwa juara bukan tujuan akhir kami, namun kesehatan merupakan kebutuhan jelas Bupati.

Tim yang terdiri dari 9 orang ini saat melakukan penilaian di tiga lokasi yaitu sektap UKS Kabupaten, Kantor Kecamatan Gresik dan TK PIKPG (persatuan ikatan keluarga Petrokimia Gresik) disuguhi berbagai kegiatan, dan inovasi dianataranya peragaan cara penanganan pertama pada kecelakaan yang dimainkan anak-anak dari SLB, demikian juga ikrar dari elemen masyarakat dan pelajar tentang 8 gol UKS, pelepasan 8 burung merpati sebagai tanda komitmen terhadap 8 Gol UKS yang harus dihindari, penandatanganan area promosi kesehatan di Kec Gresik serta berbagai inovasi laninya. Penanda tangan taman UKS, prasasti Tugu UKS. dwi/arifin sz/team

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Di Gresik Banyak Ditemui Inovasi Pada LLSS Rating: 5 Reviewed By: Jatim News