728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 24 Agustus 2016

Masih ada 227 desa di gresik yang belum lunas PBB 100 persen

GRESIK - Meski sudah ada 129 desa yang lunas PBB seratus persen. Serta realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan tahun 2016 yang dipungut Pemkab Gresik sampai hari ini sudah melebihi dibanding tahun 2015 lalu. Tetapi Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menyatakan masih belum optimal. Sambari ingin ada bulan pelunasan lanjutan dengan memberi hadiah kepada Camat yang desanya lunas PBB terbanyak.

 

Hal ini menurut Bupati,  karena masih ada 227 Desa yang belum lunas seratus persen"Kalau mungkin dan tidak melanggar aturan, kami ingin ada dua kali lagi pelunasan yaitu pada semester ke dua triwulan III dan IV. Agar lebih banyak desa lagi yang lunas PBB" katanya saat memberi sambutan kepada para Kepala Desa, Camat serta para undangan yang hadir pada acara bulan panutan pelunasan PBB tahun 2016 yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja Rabu (24-08-2016).

 

Dari 129 desa yang lunas Pajak Bumi Bangunan Tahun 2016 terkumpul dana sebesar Rp. 45,6 milliar atau 55,61% dari target seluruhnya sebesar Rp. 82 milliar. Jumlah ini lebih besar dari penerimaan pada saat yang sama tahun 2015 yang hanya Rp. 37,75 milliar atau 50,53% dari target tahun lalu yang hanya Rp. 75 milliar.


Sambari juga menyatakan bangga kepada Desa Randuagung Kebomas meski belum lunas tapi mencapai perolehan tertinggi dalam pembayaran PBB tahun 2016 yakni sebesar Rp. 239 juta. 'Alangkah baiknya bila Desa tersebut bisa lunas seratus persen" ujarnya memotivasi.

 

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim yang juga ikut memberikan sambutan menyatakan bangga dengan kinerja seluruh perangkat daerah Pejabat pemkab Gresik dan masyarakat. "Atas kinerja saudara, Kita diapresiasi oleh Pemerintah pusat dan banyak menerima penghargaan.


Baru saja kita Pak Sambari dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inivatif 2016. Juga Ketua PKK, Ibu Maria Ulfa Sambari menerima penghargaan UKS tingkat Nasional" ujar Qosim.

 

Tentang Desa yang lunas PBB, kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Yetty Sri Suparyati merinci ada beberapa Kecamatan yang mempunyai desa lunas PBB terbanyak. Kecamatan Benjeng, 21 desanya lunas PBB dengan penerimaan Rp. 981 juta.


Kecamatan Dukun 18 desa lunas PBB penerimaan 517 juta. Kecamatan Sangkapura (Bawean) 17 desa lunas PBB penerimaan Rp. 438 juta. Kecamatan Balongpanggang 16 desa penerimaan Rp. 361 juta. Kecamatan Tambak (Bawean) 13 desa penerimaan Rp. 247 juta dan Kecamatan Sidayu 11 desa penerimaan 127 juta.

 

Yatty juga mengatakan bahwa sudah 5 tahun pengalihan pembayaran PBB yang dulunya di laksanakan oleh Pemerintah pusat melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP). "Dalam waktu lima tahun ini kami pada setiap tahun selalu meningkatkan kwalitas. Semoga kedepan semakin baik" paparnya.

 

Kepala KPP Gresik Utara, Ismail yang ikut hadir pada bulan panutan PBB tersebut menyatakan bangga atas yang dicapai Pemkab Gresik dalam hal pemungutan PBB.


Dia mengatakan pemberian hadiah kepada pembayar PBB salah satu cara efektif untuk peningkatan realisasi PBB. "kami yakin kedepan upaya ini dapat memberikan peningkatan dalam perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD)" katanya. 

 

Asz/team/d2g

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Masih ada 227 desa di gresik yang belum lunas PBB 100 persen Rating: 5 Reviewed By: Jatim News