728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 19 Desember 2016

Gebyar makan ikan,upaya memasyarakatkan gemar makan ikan

GRESIK,infojatim.com - Sebanyak 500 pelajar tingkat sekolah dasar hingga Pegawai negri di linhgkungan Pemkab Gresik, hari ini senin (19/12/2016) mendeklarasikan gemar makan ikan di halaman Kantor Bupati Gresik, sekaligus memperingati Hari  ikan Nasional. (HARKANNAS) ke-3 Kab Gresik. Deklarasi gemar makan ikan ini di komandani oleh Wakil Bupati beserta jajaran Forpimda, camat, serta forum peningkatan makan ikan Kab Gresik. Sebelum makan ikan, seluruh peserta deklarasi, serentak mengangkat box makanan ke atas, setelah itu turun dan langsung di makan bersama-sama.

Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh Qosim dalam sambutannya mengingatkan akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Makan ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kecerdasan otak dan mampu menghaluskan kulit, karena ikan mengandung omega 3 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Seperti negara cina dan jepang, saat ini konsumsi warga cina sudah menyentuh 115 kg/kapita/tahun, japang 100 Kg/kapita/tahun, sedang kita hanya kisaran 32 Kg/kapita/tahun, jadi jangan heran jika warga negara cina warganya pandai-pandai. Sedangkan kab Gresik dengan luas tambah kisaran 32.000 hektar mampu menghasilkan 79.000 ton ikan, sedang hasil tangkapan mencapai 19.600 ton, jadi rata-rata produksi ikan di Gresik mencapai 98.000 ton/tahun, hasil yang sangat banyak ini, sangat mustahil jika warga Gresik kekurangan makan ikan, terlebih Gresik sudah memiliki tempat pelelangan ikan modern, fasilitas kesehatan juga sudah di bangun, layanan pusksesmas, serta komitmen Pemkab Gresik untuk menjadikan warganya sehat, merupakan pendukung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Gresik.

Untuk memasyarakatkan gemar ikan Wakil Bupati berharap seluruh SKPD harus bersatu saling membantu, termasuk tokoh masyarakat dan agama ikut mensosialisasikan gemar makan ikan di masyarakat, dan produk ikan harus ditingkatkan.

Sementara itu kepala Dinas kelautan dan perikanan Langu pindingara menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kegiatan gerakan gemar makan ikan yaitu selain memperingati Hari Ikan Nasional juga Mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk sejak dini gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan, Mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu masakan ikan yang baru dan menarik sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

kegiatan hari ini merupakan salah satu wujud gerakan masyarakat makan ikan (GEMARIKAN) dalam rangka terus mendorong peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat. Gerakan ini sebelumnya juga sudah kami sosialisasikan di sekolah-sekolah, maupun masyarakat.

Melalui gebyar ini saya berharap bisa membuka pandangan masyarakat terhadap komoditas ikan, bahwa ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, sudah dibudidayakan dengan cara budidaya ikan yang baik dan dapat diolah menjadi bahan olahan seperti baso, nugget, abon, dan berbagai camilan dan diolah secara utuh dan yang penting harganya terjangkau dan melalui inovasi menu masakan hasil laut diharapkan tumbuh berbagai inovasi teknik pengolahan hasil laut yang menarik enak dan gampang dilakukan oleh masyarakat sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi hasil laut semakin meningkat, yang pada giliranya akan menggerakan perekonomian  khusunya di tingkat pembudidaya ikan dan masyarakat nelayan ujarnya.

Arz/team/d2g
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Gebyar makan ikan,upaya memasyarakatkan gemar makan ikan Rating: 5 Reviewed By: Jatim News