728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 30 Desember 2017

SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SILPA) APBD KAB GRESIK TAHUN 2017

GRESIK jatimnews.com - Jum'at 29/12/2017, Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) APBD Kabupaten Gresik mencapai Rp 81 miliar, dari total anggaran 2017 sebesar Rp 2,6 triliun. Banyaknya silpa tersebut menandakan ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) belum maksimal dalam menyerap anggaran.

Terkait dengan itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menuturkan, dari total anggaran Rp 2,6 triliun, dikurangi total belanja langsung, dan belanja tidak langsung mencapai 2,5 triliun. Jadi ada nilai silpa sebesar Rp 81 miliar.

"Tahun 2017 ini memang tak seperti tahun tahun sebelumnya yang selalu defisit. Saya mengawal langsung sejak mulai perencanaan, penganggaran maupun saat pelaksanaan. Diperkirakan jumlah total silpa APBD Gresik tahun 2017 sampai batas akhir nanti yaitu jam 24.00 WIB hari ini bisa bertambah menjadi Rp 100 miliar," tandasnya, Jumat (29/12/2017).

Bupati Sambari mengingatkan agar hati-hati dalam menggunakan anggaran ataupun memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Berilah pelayanan dengan dengan hati yang tulus, profesional dan penuh pengabdian. Ingatlah, bahwa dalam Anda melayani masyarakat itu bagian dari ibadah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan beberapa pembangunan yang saat ini sedang berjalan. Dia menilai pelaksanaan pembangunan proyek 'mercusuar' revitalisasi alun-alun Gresik telah berjalan sesuai yang diharapkan.

"Saya berharap agar revitalisasi alun-alun Gresik ini tetap berjalan on the track. Tahun 2017 progres pembangunan alun alun tahap pertama sudah selesai. Tahun depan harus ada tahapan yang sesuai rencana," ungkap Sambari.

Menanggapi silpa sebesar Rp 81 miliar tersebut, Wakil Ketua DPRD Gresik, Syafi' AM mengatakan, terkait belum maksimalnya penyerapan anggaran 2017 itu. Menandakan OPD selama setahun tidak bisa menjalankan programnya.

"Ini menandakan OPD di Kabupaten Gresik kurang maksimal, padahal kami dalam setiap rapat hearing selalu meminta agar memaksimalkan anggaran. Jadi jangan selalu berdalih anggaran kurang dan ujung-ujungnya meminta tambahan tapi kenyataannya tidak maksimal," tandasnya.


Arifin s.zakaria Team
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SILPA) APBD KAB GRESIK TAHUN 2017 Rating: 5 Reviewed By: Jatim News