728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 21 Juli 2018

Wejangan Danramil Sukolilo Saat Wasbang Dihadapan Ratusan Pelajar

SURABAYA - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diberbagai sekolah menghadirkan institusi TNI sebagai narasumber utama dalam pembekalan wawasan kebangsaan (wasbang) kepada siswa-siswi baru sepanjang masa orientasi tersebut.

Adalah Danramil 0831/04 Sukolilo Mayor Inf Supriyo Tri Wahono, didapuk menjadi keynote speaker di hadapan siswa-siswi SMKN 10 Surabaya, Jumat (20/7/2018) pagi.

Dihadapan 599 siswa-siswi, orang nomor wahid di Koramil 0831/04 Sukolilo ini menyampaikan materi wasbang bertema 'empat pilar berbangsa dan bernegara'. Dipaparkan oleh Danramil, empat konsensus itu penting dipahami oleh muda agar tak mudah tergerus oleh perkembangan zaman.

"Pancasila sebagai dasar negara harus kalian pahami betul, selanjutnya UUD 1945 sebagai konstitusi negara ini juga sumber hukum di Indonesia," terang perwira TNI asal Malang tersebut.

Yang kedua lanjut Danramil adalah NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. NKRI adalah bentuk negara Indonesia yang terdiri dari beribu ribu pulau.

"Bentuk negara kita adalah negara kesatuan, yang terangkum dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," papar mantan Danramil 0831/05 Rungkut tersebut.

Lalu Bhinneka Tungga Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu adalah bentuk semboyan bangsa Indonesia dalam memaknai adanya perbedaan suku, agama, keyakinan dan adat istiadat sebagai kekayaan yang patut dijaga.

"Keragaman ini mari kita jaga bersama-sama, tidak ada negara lain di dunia ini seperti Indonesia. Sering kita lupa bahwa kita mempunyai 17 ribu pulau, 513 kabupaten dan kota, 714 suku dengan 1.100 lebih bahasa daerah yang berbeda-beda, beragam, bermacam dengan agama yang juga berbeda," jlentreh mantan Kasdim 0801/Pacitan ini.


Afw / Partner Arifin SZ
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Wejangan Danramil Sukolilo Saat Wasbang Dihadapan Ratusan Pelajar Rating: 5 Reviewed By: Jatim News