728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 22 Agustus 2018

Desa Dooro Fungsikan Telaga Jadi Perusahaan Air Minum Desa

GRESIK - Rabo 22 Agustus 2018, Desa Dooro, Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik memiliki upaya mensejahterakan warganya. Dimana desa ini terkenal sangat kurang akan air bersih jika musim kemarau tiba. Adanya kesepakatan yang diinisiasi kepala desa nya, telaga yang dulunya tidak berfungsi maksimal, kini jadi penyedia air bersih 315 rumah.

Telaga seluas 1,5 hektar kini memiliki fungsi yang luar biasa bagi segenap warganya, bagaimana tidak air bersih yang inginkan warga baru bisa terealisasi. Apalagi jika musim kemarau tiba mereka hanya menunggu kiriman air bersih yang di droping pemerintah, itupun terbatas. Saat ini telah disulap seperti halnya air bersih dari PDAM.

"Sejak 2013 lalu sudah di pikirkan, baru tahun ini bisa terlaksana karena memang sangat pentingnya air bersih untuk warga disini. Ada mesin penyuling air dari telaga kemudian di salurkan ke warga dengan sistem pipanisasi. Hingga saat ini sudah ada 315 warga yang menggunakannya," terang kepala desa Dooro, Mat Jai pada awak media Infojatim.com , Rabu 22/8/2018.

Menurutnya biaya operasional awalnya dilakukan pengerukan telaga yang kemudian di kerjasamakan dengan pihak pemborong. Tentu semuanya melalui proses musyawarah yang dilakukan oleh semua unsur desa dan warganya. Dalam satu bulan saja, kas desa mendapatkan pemasukan 4 hingga 5 juta dari hasil penjualan air tersebut.

"Semuanya dikelolah oleh desa, secara profesional dan bisa dipertanggungjawabkan. Seperti warga yang membayar air tersebut, memiliki meter kubikasi yang menjadi patokan mereka membayar air bersih yang digunakan," lanjut Mat Jai.

Telaga sendri diketahui berstatus milik desa, meski belum sepenuhnya sempurna seperti pelengsengan pada telaga. Namun pemanfaatannya untuk ketersediaan air bersih bagi warga telah mencukupinya. Bahkan kelayakan air bersihnya pun telah dilakukan dan air bersih dari telaga telah melalui standar untuk bisa dikonsumsi.  


ARZ TEAM
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Desa Dooro Fungsikan Telaga Jadi Perusahaan Air Minum Desa Rating: 5 Reviewed By: Jatim News