728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 26 September 2018

BUPATI GRESIK BERIKAN PERHATIAN SERIUS TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN DINI TERHADAP STUNTING


GRESIK - Upaya pencegahan permasalahan stunting, gangguan pertumbuhan pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak lebih pendek dari anak-anak lain dalam rentang usia yang sama, rupanya mendapat perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Gresik.


Pasalnya, penderita stunting bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya yang mana tentu akan sangat mengganggu kemampuan dna prestasi di sekolah bahkan kreativitas di usia-usia produktif.


Oleh sebab itu, Pemerintah mengadakan pembekalan terkait dengan pencegahanstunting­­ dengan melibatkan Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten serta Kecamatan, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik.


Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Putri Mijil dan dihadiri langsung oleh Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr. Adi Yumanto, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria ulfah Sambari, Ketua GOW Gresik Hj. Zumrotus Sholihah Qosim, Rabu (26/09/2018).


"Pencegahan penyakit stunting ini hendaknya dapat dilakukan sejak dini. Terutama pengawasan terhadap ibu hamil. Disisi lain, orang tua juga harus terus mengawasi tumbuh kembang anaknya sejak di dalam kandungan hingga proses kelahiran," ujar Bupati Sambari.


Disamping itu, Bupati Sambari juga menekankan pentingnya memeriksakan kondisi kehamilan. "Pemerikaan kandungan dilakukan paling sedikit empat kali selama usia kandungan," imbuh Bupati.


Selain itu, proses persalinan juga harus dilakukan oleh tenaga medis yang professional. "Selalu mengkinsumsi makanan yang bergizi agar kondisi kesehatan selalu terjaga dengan baik," tutur Bupati Sambari.


Kondisi lingkungan dan derajat kesehatan dimasing-masing kecamatan dapat ditingkatkan untuk mencegah stunting sejak dini.


Bupati Sambari berharap, kedepan kegiatan ini bisa berjalan baik dukungan dari seluruh OPD yang terkait sehingga bisa bekerjasama mengatasi masalah-masalah terkait penyakitstunting di Kabupaten Gresik.



ARZ Team

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: BUPATI GRESIK BERIKAN PERHATIAN SERIUS TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN DINI TERHADAP STUNTING Rating: 5 Reviewed By: Jatim News