728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 22 November 2018

DINILAI SADAR HUKUM, DESA TIREM GRESIK RAIH PENGHARGAAN ANUBHAWA SASANA DESA

GRESIK - Karena tingkat kesadaran dan pengethuan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan terbilang cukup tinggi, Desa Tirem, Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik dinobatkan sebagai Desa Sadar Hukum oleh Kementerian Hukum dan Ham RI.


Penobatan tersebut dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Anubhawa Sasana Desa yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim di halaman Gedung Balakota Malang, Rabu pagi (21/11).


Menurut Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim, sejauh ini kondisi di Kabupaten Gresik aman, tertib dan kondusif. "Hal ini tak terlepas dari peran tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RT dan RW, Lurah, Camat yang membina masyarakatnya serta selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah," ujar Wabup Qosim.


Penghargaan yang diterima desa Terima ini, menurut Wabup, mampu menjadikan virus positif dan menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya. Dirinya juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah akan  terus berupaya melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat terhadap pentingnya kepatuhan dan pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.


"Kita semua berharap seluruh desa di Kabupaten Gresik memiliki tingkat kesadaran yang sama terhadap peraturan perundang-undangan," tegas Wabup.


Saat ini terdapat 125 desa-kelurahan di Jawa Timur menyandang status sadar hukum. Di Jatim terdapat 8.675 desa-kelurahan yang tersebar di 38 Kabupaten/kota.


"Penghargaan yang didapat ini lantaran Desa Tirem telah memenuhi empat kriteria penilaian. Yakni dimensi akses informasi hukum, dimensi implementasi hukum, dimensi akses keadilan serta dimensi demokrasi dan regulasi yang merujuk pada surat edaran kepala BPHN Nomor PHN-05.HN.04.04 tahun 2017," imbuh Wabup.


Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, berharap seluruh pemerintah desa dan kelurahan sadar hukum. Sehingga perlunya peran seluruh jajaran di pemerintahan daerah mulai dari Bupati/walikota, camat dan kepala desa yang merupakan ujung tombak pemerintahan di daerah.


"Semua harus memiliki komitmen kuat dalam mengaplikasikan sadar hukum di masyarakat. Karena pada dasarnya, tingkat kesadaran hukum di masyarakat akan berkorelasi positif pada kemajuan bangsa," katanya.



ARZ Team

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: DINILAI SADAR HUKUM, DESA TIREM GRESIK RAIH PENGHARGAAN ANUBHAWA SASANA DESA Rating: 5 Reviewed By: Jatim News