728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 07 Desember 2018

Ekspor Biji Kangkung Kecamatan Balongpanggang Sumbang Devisa Negara

GRESIK - HIPPA desa Wahas kecamatan Balongpanggang, Gresik meraih juara II Nasional. Penghargaan diberikan langsung Kementrian Pekerjaan Umum di Jakarta. HIPPA sendiri merupakan sinergitas antara petani pemakai air dengan pemerintah desa.

Melalui bimbingan dari Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, HIPPA bisa memproduksi tanam biji kangkung. Bahkan biji kangkung tersebut di export ke luar negeri. Petani yang terlibat dalam produksi tanam biji kangkung sebanyak 100 orang.

"HIPPA dibentuk sejak 2014, saat ini bisa mengekspor ke Jepang melalui PT Eastwest yang ada di Purwakarta. Kapasitas hasil kangkung 2,2 Ton perhektar dan permusim  bisa mengekspor 2,2 Ton x luas lahan ( 316 ha )," terang Camat Balongpanggang, Yusuf Ansori, Jumat 7/12/2018.

Menurutnya ekspor yang dilakukan para petani biji kangkung di Kecamatan Balongpanggang Gresik bisa memberikan devisa negara meningkat. Tidak hanya itu tanaman kangkung tersebut dapat memberikan kesejahteraan masyarakat kecamatan Balongpanggang khususnya. Begitu juga dengan kabupaten Gresik tentunya.

"Harapan pemerintah Kabupaten Gresik, hasil membanggakan ini bisa mengoptimalkan potensi yang ada tentu di Kecamatan Balongpanggang. Yaitu pembudidayaan tanaman kangkung sebagai produk unggulan kecamatan Balongpanggang," pungkas Yusuf usai menerima penghargaan di Jakarta. 


Arifin s.zakaria Infojatim.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ekspor Biji Kangkung Kecamatan Balongpanggang Sumbang Devisa Negara Rating: 5 Reviewed By: Jatim News